Kirab Pataka Menyambut Hari Jadi Jawa Timur Disambut Meriah di Trenggalek

Pataka Jer Basuki Mawa Beyo dikirab ke berbagai kota di Jawa Timur menyambut hari jadi wilayah tersebut. Kirab itu tiba di Kabupaten Trenggalek

Editor: Wiwit Purwanto
Suryatravel /aflahudin
Kirab panji-panji itu diiringi dengan beberapa drum band, dengan rute Pasar Pon Trenggalek - Pendopo Manggala Praja Nugraha. Warga dan para siswa menyambut kedatangan kirab 

Suryatravel - Pataka Jer Basuki Mawa Beyo dikirab ke berbagai kota di Jawa Timur menyambut hari jadi wilayah tersebut. Kirab itu tiba di Kabupaten Trenggalek usai dikirab dari kabupaten Tulungagung, Minggu (25/9/2022).

Kirab panji-panji itu diiringi dengan beberapa drum band, dengan rute Pasar Pon Trenggalek - Pendopo Manggala Praja Nugraha. Warga dan para siswa menyambut kedatangan kirab.

Usai sampai di pendopo, pataka diserahterimakan oleh petugas dari Tulungagung ke petugas Trenggalek.

Wakil Bupati Trenggalek Syah M Natanegara menjelaskan, pataka tersebut akan diinapkan di Kabupaten Trenggalek selama semalam.

"Besok [Senin, 26/9/2022] akan dikirab lagi untuk dilanjutkan perjalanan ke Kabupaten Pacitan," kata Syah.

Kabupaten Trenggalek merupakan daerah ke-20 yang didatangi oleh Pataka Jer Basuki Mawa Beyo. Setelah diantar dari Trenggalek ke Pacitan, pataka akan singgah ke kabupaten/kota lain yang belum terlewati.

Syah berharap, Hari Jadi Jatim Ke-77 menjadi momentum daerah-daerah untuk tumbuh dan bangkit. Termasuk Kabupaten Trenggalek.

"Mari kita sama-sama berdoa semoga di momentum Ulang Tahun ke-77 Jatim ini benar-benar membawa keberkahan dan kebahagiaan, khususnya untuk seluruh masyarakat Jawa Timur," tutur Syah.

Kasatpol PP dan Kebakaran Kabupaten Trenggalek Triadi Atmono menambahkan, tim dari satpol akan bertugas untuk mengirim Pataka ke Pacitan.

Selain pataka, rombongan juga membawa ripta prasasti. Prasasti yang ditulis di atas daun lontar itu dibacakan oleh setiap kepala daerah yang menerima kedatangan kirab. (fla)

 


Sambutan warga Trenggalek saat Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beyo di Kabupaten Trenggalek, Minggu (25/9/2022)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved