Tarik Wisatawan Ke Kota Kediri, Warga Gelar Festival Sumber Banteng

Festival Sumber Banteng sudah menjadi festival tahunan yang bertujuan untuk menarik wisatawan agar mau berkunjung di Kota Kediri.

Editor: Wiwit Purwanto
Suryatravel/didik mashudi
Gunungan berisi hasil bumi diusung masyarakat dalam Festival Sumber Banteng di Kelurahan Tempurejo, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Minggu (27/11/2022). 

Suryatravel – Festival sedekah bumi kembali digelar masyarakat Kelurahan Tempurejo, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Kirab dan Pagelaran Budaya ini berlangsung di objek wisata Sumber Banteng, Minggu (27/11/2022).

Untuk menarik kemeriahan ini bersinergi antara Pemkot Kediri, Kecamatan Pesantren dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sumber Banteng.

Kirab diawali dengan membawa Gunungan yang dibuat dari berbagai hasil bumi. Selanjutnya Gunungan dilarungkan di area Sumber Banteng.

Masyarakat yang menyaksikan kegiatan itu langsung berebut untuk mendapatkan bagian dari gunungan yang menjadi salah satu daya tarik dari kegiatan festival.

  1. Camat Pesantren, Widiantoro mengatakan, Festival Sumber Banteng sudah menjadi festival tahunan yang bertujuan untuk menarik wisatawan agar mau berkunjung di Kota Kediri.

Mengingat Kota Kediri di masa depan akan banyak didatangi oleh para pendatang efek dari dibangunnya Bandara dan Jalan Tol.

 “Kota Kediri kedepan diprediksi akan banyak para pendatang, kita harus menangkap peluang agar menarik wisatawan agar mau berkunjung ke Kota Kediri khususnya Sumber Banteng ini,” ungkapnya.

Selain itu kegiatan kirab sebagai simbol rasa syukur, sekaligus untuk melestarikan budaya lokal yang saat ini mulai terkikis oleh zaman.

Menurutnya masyarakat harus ikut menjaga kelestarian seni budaya lokal karena menjadi daya tarik wisatawan untuk mau berkunjung ke Kota Kediri.

“Kita memiliki banyak sekali seni budaya lokal yang bisa menarik wisatawan berkunjung ke Kota Kediri. Ini berdampak meningkatkannya perekonomian masyarakat di Kota Kediri kedepan,” ungkapnya.

Festival Sumber Banteng digelar masyarakat dengan sukarela secara mandiri ikut menyukseskan festival. “Semoga sinergi tetap terjalin dengan baik dan bisa mengadakan kegiatan lebih meriah lagi tahun depan,” harapnya.(didik mashudi)

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved