Gerakan Menuju Smart City 2022 Bikin Kota Cerdas yang Adaptif, Kolaboratif, dan Berkelanjutan

Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) sendiri adalah gerakan yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan kementrian terkait

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
Suryatravel/istimewa
Seminar dan Pameran Gerakan Menuju Smart City 2022 , mewujudkan kota cerdas yang adaptif, kolaboratif, dan berkelanjutan 

SuryatravelGerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) periode 2022 berhasil membimbing 50 kota/kabupaten dalam menyusun rencana induk pembangunan kota cerdas.

Di dalam rencana induk tersebut, tersusun inovasi yang menjawab tantangan sekaligus memaksimalkan potensi dari masing-masing kota/kabupaten.

Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) sendiri adalah gerakan yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI didukung kementerian terkait. Sejak bergulir tahun 2017 sampai tahun 2022 ini, gerakan ini telah berhasil membimbing 191 kota dan kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Terinspirasi dari Presidensi G20 Indonesia, tema besar dari Gerakan Menuju Smart City 2022 ini adalah mewujudkan kota cerdas yang adaptif, kolaboratif, dan berkelanjutan.

 “Tak hanya sekedar teknologi, Smart city merupakan sebuah inisiatif yang bertumpu pada inovasi dan kolaborasi, dengan tujuan utama meningkatkan taraf hidup seluruh masyarakat,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate, disela Seminar dan Pameran Gerakan Menuju Kota Cerdas Smartcity 2022, Kamis (1/12/2022) di Jakarta.

Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, menjelaskan, pemerintah daerah peserta gerakan enuju Smart City harus memiliki komitmen untuk menjalankan inovasi yang tertera di rencana induk yang telah disusun.

“Karena itu, Gerakan Menuju Smart City tidak hanya memberikan bimbingan, namun juga evaluasi implementasi dengan mengukur dampak langsung kepada masyarakat,” katanya. 

Untuk memberikan apresiasi terhadap pemerintah kota/kabupaten peserta Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) 2022 ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI memberikan penghargaan kepada 50 pemimpin kota/kabupaten peserta Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) 2022.

Penghargaan juga diberikan kepada kota/kabupaten peserta Gerakan Menuju Smart City periode sebelumnya yang berhasil inisiatif kota cerdasnya berhasil memberikan manfaat optimal bagi warganya. Untuk mendukung acara ini, diselenggarakan pula pameran virtual yang menampilkan pencapaian seluruh kota/kabupaten peserta Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City).

Di pameran ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman publik akan inisiatif kota cerdas di Indonesia, sekaligus membuka ruang kolaborasi antar pemerintah, swasta, maupun masyarakat luas. 

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved