Kuliner Dempo Kota Malang, Menu Makin Komplit Bertahan Hingga Tiga Generasi

Kuliner dempo -lapak pedagang makanan dan minuman di bagian belakang tembok SMA Katolik St Albertus atau dikenal sebagai SMA Dempo

Editor: Wiwit Purwanto
Suryatravel/silvy
Kawasan sentra kuliner Dempo yang menawarkan makanan dan minuman seperti pangsit mie dan gado gado. 

 

Suryatravel - Sentra kuliner legendaris di Kota Malang, Kuliner Dempo di Jl Gede Kota Malang kini main komplit menyediakan menu kuliner.

Di lapak-lapak pedagang makanan dan minuman di bagian belakang tembok SMA Katolik St Albertus atau dikenal sebagai SMA Dempo tersedia menu gado gado, bakso, pangsit mie dan aneka minuman seperti es teler, es kelapa, es mocca dan lainnya.

Salah satu penjual pangsit mie adalah Kastari mengatakan ia sudah 15 tahun jualan disini. . "Saya sudah berjualan 15 tahun," jelasnya Kamis (1/12/2022).

Pangsit mienya masih memakai nama M Rosyid yang ternyata adalah pamannya. Sebelum mengelola sendiri, ia ikut pamannya. "Para penjual disini sudah masuk pengelola generasi kedua dan ketiga," ungkapnya.

Ada yang usahanya diteruskan anaknya, cucu atau keponakan seperti dirinya. Sejauh ini, perkembangan usaha kulinernya naik turun. "Kadang ramai, kadang sepi. Apalagi pas musim hujan," tukasnya.

Di Kota Malang, hujan turun tidak tentu. Rata-rata siang atau sore hari. Namun semua dilakoni sebagai pekerjaan utamanya.

Sehari ia menyiapkan minimal 50 porsi pangsit mie. Kadang juga lebih. Harga per porsi Rp pangsit mie biasa Rp 13.000, jika pakai bakso Rp 15.000 dan istimewa Rp 18.000.

 Pria asli Malang ini menjelaskan jika kekhasan makanan di Dempo adalah dari bahan baku pilihan. "Orang bisa buka kedai dengan nembak nama. Tapi kalau bukan dari sini asli pasti beda," lanjutnya.

Salah satu pengunjung kuliner adalah Amanda. Sejak kecil suka dibawa mama papanya ke kawasan kuliner Dempo. "Kalau sekarang ini ke sini karena dekat kantor. Cukup jalan kaki," kata Amanda. Ia memiliki kedai langganan di nomer 7 karena terbiasa sejak kecil. Tempatnya luas dan bersih.

"Kalau dari rasanya ya tetap enak. Soal harganya masih ramah di kantong kok. Saya saya suka disini adalah es moccanya. Juara rasanya," ujarnya.

Pilihan makanannya biasanya antara pangsit mie dan gado-gado. Keunikkan lainnya adalah di tembok sekolah SMA Dempo ada semacam jendela buat siswa memesan makanan dari dalam sekolah.

Di sekitar Jl Gede juga tumbuh kedai-kedai lain yang menawarkan masakan Jawa, kedai es krim dan menu lainnya. Sylvianita Widyawati

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved