Libur Nataru, 200 Ribu Wisatawan Tumblek Blek Di Kota Batu 

sepanjang libur Nataru tahun 2022 ini, tingkat kunjungan wisata mencapai 200 ribu pengunjung dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/wiwit purwanto
Alun alun Kota wisata Batu ramai pengunjung yang mengisi liburan di kota wisata Batu 

Suryatravel- Geliat kembali berseri wisata di Kota Batu pasca pandemi Covid-19 2020-2021, terlihat saat libur Nataru tahun ini.

Ketua Perhimpunan Hotel  dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu, Sujud Hariadi mengatakan sepanjang libur Nataru tahun 2022 ini, tingkat kunjungan wisata mencapai 200 ribu pengunjung dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

“Peningkatannya tahun ini terbilang luar biasa naik, karena tahun 2020 dan 2021 lalu masih dalam situasi pandemi. Terhitung mulai minggu kemarin, mungkin sekarang sudah mencapai 200 ribu pengunjung diseluruh tempat wisata di Kota Batu,” kata Sujud Hariadi, Selasa (27/12/2022).

Meski sudah mengalami peningkatan dibanding saat pandemi, menurut Sujud dibanding dengan situasi normal sebelum pandemi tahun 2019 ke bawah, situasi saat ini masih 50 persen dibanding situasi saat itu.

Khusus di Selecta, Sujud yang juga menjabat sebagai Dirut Selecta itu mengatakan, di masa libur Nataru saat ini di Selecta sudah dikunjungi 22 ribu pengunjung.

Jumlah itu didapat dari saat hari biasa angka kunjungan perhari mencapai 3500 wisatawan. Sedangkan saat akhir pekan tembus 6000 pengunjung. 

“Target kami di Selecta bisa tembus hingga 50 ribu pengunjung sampai tahun baru mendatang dan untuk Kota Batu secara keseluruhan bisa mencapai 700 ribu pengunjung," jelasnya. 

Lebih lanjut Sujud menuturkan, di Selecta pada momen yang sama sebelum pandemi lalu, pernah dikunjungi hingga 24 ribu wisatawan dalam sehari. Itu terjadi pada tahun 2017.

Di tahun selanjutnya menurun menjadi 17 ribu dan kemudian menurun lagi jadi 15 ribu pengunjung hingga akhirnya pandemi tahun lalu.

“Target kami tahun ini realistis saja, bisa tembus 10 ribu pengunjung saat tahun baru sudah bagus,” ujarnya.

Meski saat ini banyak wisatawan datang ke Kota Batu, pihaknya memastikan Selecta tidak menaikan harga tiket masuk. Harga tiketnya masih sama dengan hari-hari biasa, yaitu Rp 40 ribu untuk satu pengunjung.

“Harga tiket masuk tetap sama dan didominasi keluarga dari Surabaya Raya. Untuk hotel ada kenaikan sedikit,” tutur Sujud.

Diperkirakan puncak kunjungan wisata di Kota Batu membludak pada tanggal 1 Januari mendatang.(myu)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved